Wednesday, December 6, 2017

Apa itu Cost Per Action (CPA) Marketing?

ad300
Advertisement

Refisi 2 Juni 2019.
Sebelum Anda melanjutkan artikel tentang apa itu cost per action marketing? silakan baca juga: Arti Cost Per Action.
Setelah Anda membaca, sekarang kita melanjutkan dengan artikel tentang judul ini. Saya tahu Anda sedang mencari CPA yang cocok, namun sudahkah kita mengerti secara baik Apa itu Cost Per Action (CPA) Marketing? Jika belum maka artikel ini membantu Anda. Dalam artikel ini dirumuskan beberapa pengertian yang bersifat kebenaran rasional dan empiris terhadap CPA.Penggabungan antara teoritik dan empiris melahirkan 5 definisi CPA. Lima pengertian inilah yang hendak disampaikan dalam RCPA (Reward Cost Per Action).






Kelima definisi ini dirumuskan berdasarkan beberapa sumber yang dilakukan oleh Yonas Muanley. Silakan ikuti artikel dengan judul: Apa itu Cost Per Action (CPA) dalam blog spesial Reward Cost Per Action. Jadi, dari uraian di atas kita dapat merumuskan apa itu Cost Per Action.

Pertama, Cost Per Action adalah memperoleh komisi (uang) karena tindakan promosi yang berhasil mempengaruhi pengunjung membeli produk atau terjadi penjualan. Produk tersebut bisa berupa barang dan jasa yang ditawarkan secara online. Jumlah komisi yang diterima dari sistem CPA tentu bergantung pada prosentasi yang ditawarkan. Dengan kata lain, model pembayaran atau komisi yang diterima publisher/penerbit iklan online hanya didasarkan pada tindakan kualifikasi seperti tindakan promosi produk yang melaluinya terjadinya penjualan (pengunjung membeli produk atau jasa) atau pendaftaran (pengunjung mendaftar pada website yang menyediakan program publisher). Bagian terakhir ini dapat dilihat pada CPA Accesstrade (Accesstrade Indonesia)

Kedua, Cost Per Action (CPA) adalah model pembayaran iklan online yang komisinya dibayar kepada pemilik website atau blog hanya didasarkan pada tindakan kualifikasi seperti penjulan atau terjadinya pendaftaran karena promosi melalui iklan online yang tampil atau muncul di laman blog atau bilah blog.




Ketiga, Cost Per Action (CPA) adalah perencanaan atau strategi dalam dunia pemasaran periklanan online yang olehnya memberi peluang terjadinya pendapatan komisi karena pengiklan membayar tindakan tertentu dari calon pelanggan (pengunjung yang membeli produk) yang ditawarkan melalui promosi iklan secara online yang muncul di website atau blog

Keempat, Cost Per Action (CPA) adalah tindakan promosi yang berpengaruh pada penjualan produk dan dibeli pengunjung. Ada penjualan (promosi melalui iklan di website atau blog) yang diresponi pengunjung dengan tindakan membeli. Dengan demikian terjadi Cost atau biaya untuk pemilik blog. Inilah sistem Cost Per Action. Dalam definisi ini CPA berarti penjualan. Bila aksinya hanya sebuah klik pada iklan yang muncul di website atau blog maka metode penjualannya disebut CPC (Cost Per Click).

Kelima, Cost Per Action (CPA) adalah sejumlah pendapatan yang diterima penerbit saat pengguna (pengunjung) mengklik iklan di situs websnya atau blog, kemudian pengunjung tersebut menyelesaikan tindakan tertentu. Tindakan tertentu itu dapat berupa membeli produk atau mendaftar jadi anggota dari suatu situs yang menyediakan program publisher. Tindakan membeli produk dapat berupa tindakan mengisi formulir atau melakukan suatu survey, atau mengajak pengunjung mendaftar menjadi publisher suatu situs seperti Accesstrade maka setelah selesai pengunjung menyelesaikan tindakan tersebut, sang pemilik blog mendapat sebuah komisi. Disini pengiklan membayar kepada penerbit (pemilik situs website atau blog) dengan sejumlah uang berdasarkan Cost Per Action.

Yonas Muanley
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments: