|
Advertisement |
Bagi yang pemula yang mencari arti Cost Per Action dalam bisnis online. Artikel singkat ini memberi masukan dalam usaha memahami APA ARTI COST PER ACTION? Cost Per Action atau Biaya per tindakan (BPA) adalah suatu perencanaan umum dalam dunia pemasaran periklanan yang bersifat online yang memungkinkan orang yang menyediakan iklan (pengiklan) membayar tindakan (aksi) dari pengunjung yang membeli produk yang ditawarkan. Dengan kata lain, Cost Per Action adalah strategi (perencanaan umum) dalam pemasaran periklanan online yang memungkinkan pengiklan (orang yang menyediakan iklan) membayar tindakan tertentu (mengklik iklan dan membeli produk yang ditawarkan) dari calon pelanggan (pengunjung situs/blog).
Penawaran dalam sistem Cost Per Action atau Biaya Per Tindakan/Aksi (BPA) sering diasosiasikan dengan pemasaran afiliasi (Afiliate). Dalam definisi ini, poin yang ditekankan adalah tindakan biaya per akuisis atau penjualan. Dikatakan demikian karena sebagian besar tindakan adalah penjualan. Jadi, jika membuat review atas produk tertentu dan iklannya dimuat dalam blog kita, kemudian pengunjung mengklik dan membeli produk yang ditawarkan maka pemilik blog mendapat hadiah berupa uang. Contoh Saya mendaftar sebuah blog di program Cost Per Action di Accesstrade.com. Blog saya setelah ditinjau oleh tim Accesstrade kemudian blog saya dinyatakan diterima. Oleh karena saya sudah diterima menjadi publisher (penerbit iklan) accesstrade maka saya kemudian masuk ke halaman website Accesstrade melalui pasword dan username yang sudah dibuat pada waktu mendaftar.
Pada halaman website accesstrade.co.id atau accesstrade.com terdapat banyak penawaran pemilik produk yang sudah mendaftarkan produknya di accesstrade. Dalam daftar produk yang tersedia, kita memilih beberapa produk dan bila sudah disetujui maka kita lanjutkan dengan membuat review atas produk tersebut kemudian kita posting dalam situs atau blog. Dalam postingan tersebut tentu kita memuat kode banner iklan atau link url pada blog kita. Dengan kata lain, kita sebagai publisher (penerbit iklan) memberikan review (penjelasan singkat) tentang produk dan menampilkan banner atau text link yang disiapkan di laman accesstrade yaitu di halaman info iklan. Di info iklan tersedia beberapa pilihan untuk kita tempatkan di blog.
Bila sudah selesai maka kita terbitkan di blog. Hasilnya dibaca oleh pengunjung. Ketika ada pengunjung yang tertarik atas produk yang kita tawarkan dan membeli produk tersebut maka kita mendapat Reward atau hadiah berupa uang. Jumlah hadiah sudah ditentukan oleh penyedia layanan produk. Tindakan membeli produk inilah yang disebut dengan Cost Per Action. Artinya kita dapat uang karena ada aksi orang lain (pengunjung) mengklik iklan atau link url dan membeli produk yang ditawarkan dalam blog.
Share This
0 comments: