Advertisement |
Besaran reaward dari action dalam system CPA tentu bervariasi, kita bisa lihat pada situs yang menyediakan reward tersebut. Di internet kita dapat informasi bahwa reward itu mulai dari $ 0.01 sampai $50 bahkan lebih. Contoh CPA pada program Affiliate Situs https://rewardcostperaction.blogspot.co.id/ (hanya sekadar contoh) menyediakan Program Advertiser dan Publisher. Dalam situs ini terdapat dua program, yaitu Advertiser dan Publisher. Bila ada pengunjung yang hendak mempromosikan produk-produk yang ada di websitenya secara online maka mereka mendaftar ke situs https://rewardcostperaction.blogspot.co.id/ dengan memilih program Advertiser. Kemudian setelah membayar biaya iklan maka produk mereka akan dipromosikan secara online melalui banner yang sudah disiapkan oleh situs penerbit, yaitu https://rewardcostperaction.blogspot.co.id/. Tentu para pemilik produk yang mendaftar di situs ini pun banyak. Oleh karena itu situs https://rewardcostperaction.blogspot.co.id/ menyediakan sebuah program yang disebut Program Publisher. Melalui program ini, pengunjung blog yang ingin mendapat penghasilan dengan cara menjadi publisher (terbitkan iklan di situs atau blog), maka pengunjung tersebut mendaftar pada program publisher, setelah diterima menjadi publisher maka pemilik blog tersebut diizinkan memasang kode iklan di laman blog, kode iklan tersebut berupa iklan banner, iklan teks dan link.
Kita tinggal memilih. Apakah banner atau link. Setelah terpasang kode iklan tersebut, iklan akan terbit di laman blog. Iklan banner maupun link ini kemudian dibaca oleh pengunjung, kemudian pengunjung website atau blog mengklik iklan atau link tersebut, kemudia ia membaca informasi yang disampaikan melalui review serta iklan atau link yang mengarah kepada situs penyedia produk dan pengunjung tersebut tertarik membeli salah satu atau beberapa produk yang ditawarkan. Pada waktu pengunjung berhasil membeli produk maka kita sudah mendapatkan komisi/sejumlah uang atas tindakan ini. Sistem inilah yang disebut Cost Per Action. Dalam system ini, pemilik blog tidak mendapat bayaran melalui tindakan pengunjung mengklik iklan atau link tetapi melalui tindakan membeli produk. Dalam hal ini kita dapat mengerti secara baik apa itu affiliate dan Cost Per Action seperti yang dinyatakan dalam situs panduanim.com, yaitu “Affiliate Marketing lebih sering digunakan untuk penjualan produk … , sedangkan CPA lebih digunakan untuk ‘action‘ atau tindakan.”
Jadi, affiliate adalah program kerja sama yang ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak yang lain untuk bekerja sama dalam mempromosikan produk yang tersedia pada pihak yang menyediakan program affiliate, pihak yang menjalankan promosi produk atas produk orang lain secara online dalam situs atau blog milik pribadinya disebut Publisher atau pihak yang menerbitkan/memberi tempat di situs/blog untuk menerbitkan iklan dari penyedia program bisnis online yaitu Affiliate (Affiliate Marketing). Bila pengunjung mengadakan tindakan atas review yang dibuat pemilik blog atas produk yang ditawarkan, kemudian pengunjung tersebut mengklik iklan banner atau link maka pengunjung akan diantar kepada situs yang menyediakan affiliate, kemudian pengunjung membeli produk tersebut. Bila hal ini terjadi maka pemilik blog mendapat hadiah atau sebagai cost dari tindakan tersebut. Bila pengunjung tidak membeli maka pemilik blog tidak mendapat reward atau cost atas tindakan tersebut. Berbeda dengan CPC atau Cost Per Clik. Pengunjung ketika mengklik iklan di blog maka pemilik blog mendapat reward atau hadiah atas tindakan mengklik iklan. Gambar berikut ini hanya dipakai untuk memperindah postingan ini. Kecantikan tentu memberi pesona kepada orang lain yang memandangnya. Bila wanita cantik dalam gambar berikut ini memiliki Bisnis maka tentu kehadirannya saja sudah merayu orang untuk membeli produk. Apalagi Cost Per Action. Tentu tafsirannya dalam batas kewajaran. Namun Gambar berikut ini manakan yang memberi pengaruh yang kuat dalam judul artikel ini yaitu Merayu dalam Cost Per Action. Gambar 1 Gambar 2 Gambar 3 Gambar 4 Manakah yang lebih merayu (lebih menentukan pilihan) dalam memilih. Apakah Gambar 1, 2, 3 dan 4? Dalam cost Per Action kita harus membuat deskripsi terhadap produk melalui kata-kata yang dapat mempengaruhi atau merayu pengunjung blog untuk segera menentukan action terhadap produk yang ditawarkan dalam situs atau blog. Gambar di atas hanya sekadar membuat postingan ini estetis dipandang.
Semoga bermanfaat
0 comments: